My Traveling Apps

So yeah, this is another screenshot of my apps on my phone:

Apps yang ada di sini (di dalam folder lokal) ini adalah apps yang saya sengaja install ketika saya memulai perjalanan panjang selama 3 bulan terakhir.

Gojek

Transportasi dimana pun saya berada. Jadi pilihan utama karena memang gak punya kendaraan. Apalagi si Go-car, nolong banget yang bawa keluarga gini.

Di Yogyakarta dapet sewaan motor yang deket, tapi tetep kalau agak jauh naik go-car.

Di Bandung makin sering dipakai tapi agak kucing-kucingan karena di Bandung gojek masih bentrok ama angkot dan ojek pangkalan.

Di Jakarta, gojek adalah pilihan utama karena kacau banget ruas-ruas jalannya. Saya lebih memilih bayar gojek daripada nyesat.

Grab

Cuma dipakai 1 2 kali di Bandung karena kebetulan ada temen yang jadi driver grab. Biasanya kepakai kalau apps gojek nya sudah mulai gak bener. Di Bandung gojek sering gak bener nah grab ini bisa buat backup.

Traveloka

Buat beli tiket pesawat, kereta belakangan juga hotel buat menginap di Jakarta dan Balikpapan.

Urusannya pasti beres dan juga banyak promo-promo yang gak seberapa sih tapi ya tetep lumayan buat tambahan uang jajan.

Mamikos

Terpakai untuk nyari kos-kosan ketika di Yogyakarta. Ketika di Bandung dan Jakarta juga sebenarnya terpakai tapi agak susah nyari yang buat pasutri. Selain itu di Bandung ada beberapa apartemen yang harganya beda dikit sama kost bulanan jadi lebih milih unit apartemen saja. Di Jakarta kebanyakan sudah terisi.

OLX

Buat nyari kost dan juga unit apartemen di Bandung dan Yogyakarta. Saya juga baru tau ternyata pengguna OLX cukup banyak dan update. Nyari tempat tinggal juga bisa. Selain itu tidak seperti apps lain yang menyembunyikan no kontak si pemilik iklan, OLX malah di pasang terang-terangan, sehingga mudah untuk komunikasi ke penjual.

Airbnb

Digunakan untuk nyari tempat tinggal harian yang deket dengan tempat wisata. Karena bawa anak kecil jadi gak bisa perjalanan yang terlalu panjang. Baru bener-bener terpakai ketika di Jakarta.

Meetup, Eventbrite, Facebook

Digunakan untuk mencari even atau kegiatan atau acara keren yang diadakan di sekitar saya tinggal.

Biasanya acara terutama acara Techno, bakal menggunakan Meetup atau Eventbrite.

Airy Rooms

Baru dipakai ketika di Jakarta, buat nyari tempat tinggal dadakan dan cuma keperluan 1 atau beberapa hari. Proses order juga mudah, lebih mudah di bandingkan airbnb.

Kamar yang bekerja sama dengan airyrooms juga sudah terverifikasi oleh pihak airy rooms, sehingga ada semacam standar minimal yang mesti dimiliki oleh setiap rooms yang ada di airy.

Street View

Ini cuma aplikasi hiburan sebenarnya, digunakan hanya untuk mengecek gimana sih bentuk daerah yang akan kami tuju jadi ada sedikit gambaran.

Tapi sempet kecele, di street view ketemu minimarket, setelah didatangin, eh sudah gak ada, sudah tutup sejak lama. Jadi update nya emang agak lama sekali.

TripAdvisor

Dipakai untuk mencari spot spot wisata atau sekedar restoran yang ada di sekitar saya.


Selain 8 aplikasi diatas, honorable mention apps adalah si google maps. Membantu banget terutama ketika di Yogyakarta dan Bandung karena saya sering dapet pinjemin motor dan jalan-jalan bareng anak istri keliling kota. Nah si google maps bener-bener bermanfaat banget malah jadi sangat ketergantungan bahkan untuk mencari tempat makan, pom bensin, dan mini market.

Berhubung jalan-jalannya sudah kelar dan kemungkinan untuk jalan-jalan berikutnya masih agak lama, jadi sekarang semua apps ini sudah mulai di uninstall-in kecuali Traveloka dan Gojek, karena ya masih akan digunakan untuk perjalanan pulang ke Kalimantan.